• LOGIN
  • No products in the cart.

Pelatihan Seru InstitutPenulis.id dan Cipika Bookmate

InstitutPenulis.id | Hari yang ditunggu-tunggu tanggal 23/6 akhirnya tiba juga. Pukul 15.00 lewat saya akhirnya dapat menjangkau Gedung Sona Topaz di Sudirman setelah dikepung kemacetan Jakarta. Rupanya beberapa menit setelah itu hujan deras mengguyur. Di ruang lantai 12-A tempat berkantornya kru Cipika Indosat Ooredoo sudah dipenuhi rekan-rekan blogger, komunitas, dan para akademisi yang hendak mengikuti pelatihan menulis.

Jadilah sore itu saya membawakan materi tentang feature atau karangan khas. Sekira 25 orang peserta begitu antusias menyimak paparan tentang feature. Saya mulai membuka feature dari fenomena baru-baru ini tentang warteg Bu Saeni. Lalu, masuk ke kisah masa lalu tentang tenggelamnya kapal Tampomas II. Feature adalah tulisan khas yang dominan mengandung unsur sisi kemanusiaan (human interest).

Mengapa feature? Menurut saya tulisan ini paling bagus sebagai sarana berlatih kepekaan menulis karena semua pancaindra berpeluang digunakan dalam feature. Selain itu, banyak pilihan berkreasi feature, seperti menuliskan kisah perjalanan/petualangan, menuliskan sosok seseorang, menuliskan peristiwa bak cerpen, serta menuliskan fenomena dengan penggalian data dan fakta mendalam.

Karena waktu pelatihan relatif singkat hanya 1,5 jam, saya memberikan satu tugas di akhir lewat foto seorang tukang bajaj. Para peserta diminta menuliskan teras (lead) tentang tukang bajaj. Ada yang berhasil membuat teras yang berkisah, tetapi ada juga yang masih terjebak menulis teras bergaya artikel opini.

Pelatihan Menulis perdana ini menjadi langkah awal yang baik kerja sama antara Institut Penulis Indonesia dan Cipika Bookmate, apalagi dengan misi bersama untuk mencetak sebanyak mungkin literator (penulis profesional). Pelatihan kedua direncanakan digelar pada Agustus 2016.

Pelatihan Penulis Cipika Bookmate

26 June 2016

0 responses on "Pelatihan Seru InstitutPenulis.id dan Cipika Bookmate"

Leave a Message

Copyright©Institut Penulis Indonesia

Juru Tempa Penulis Indonesia

 
X